The Power Of
"Word Of Mouth" Fitaqua
Saat
ini saya sedang menggeluti bisnis Air Minum Isi Ulang dengan brand fitaqua.
Mimpinya sih akan ditingkatkan menjadi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) gallon,
botol dan gelas. Namun lihat dulu perkembangannya. Saya yakin punya prospek,
karena prosesnya menggunakan teknologi terkini yaitu reverse osmosis, ditambah
proses ozone dan bio ceramic serta ultra violet.
Saya
sangat bersyukur karena keluarga mendukung dan juga teman-teman, bahkan
sebagian besar teman-teman dengan sukarela membantu memasarkan dengan kekuatan
iklan dari mulut ke mulut atau yang biasa dikenal dengan istilah “the power of “word
of mouth” promotion. Teman-teman sekerja sangat membantu dengan sistem iklan
dari mulut ke mulut ini, karena multiflyer effect yang ditimbulkannya cukup
dahsyat. Terbukti dengan secara perlahan tapi pasti pelanggan air minum fitaqua
mulai bertambah.
Promosi klasik yang efektif
Mari
kita coba membahas mengenai betapa hebatnya kekuatan dari promosi yang
ditawarkan dari mulut ke mulut ini. Dimana rahasia keberhasilannya dalam
menjaring para pelanggan?
Kekuatan “Word of Mouth”
Sekarang
mari kita pelajari secara singkat mengenai “word of mouth” ini. Dalam WOMMA
atau Word of Mouth Marketing Association, definisi “word of mouth” adalah ”Word
of Mouth is the voice of the costumer, a natural, genuine, honest process,
people seeking advice from each other, consumers talking about products,
services, or brands that they have experienced.”
WOM
adalah komunikasi dari orang ke orang antara sumber pesan dan penerima pesan
dimana penerima pesan menerima pesan dengan cara tidak komersial mengenai suatu
produk, pelayanan atau merek. Blackwell juga mengemuakakan definisi WOM
sebagai “transmisi secara informal tentang ide-ide, komentar, opini dan
informasi antara dua orang dimana kedua-duanya bukan tenaga pemasar”.
Dalam
beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa konsumen yang menerima
informasi melalui “word of mouth” yang positif memberikan perhatian yang lebih
terhadap suatu produk dan memiliki minat beli yang lebih tinggi. WOM dikenal
sebagai alat yang memiliki kekuatan yang besar dalam mempengaruhi pilihan para
konsumen, selain juga memang banyak perusahaan yang memanfaatkan konsumen yang
merasa puas sebagai subyek yang bisa mempromosikan kepada calon konsumen
lainnya. WOM ini merupakan sarara promosi yang murah dibandingkan dengan
cara-cara lainnya.
Penelitian
lain juga menghasilkan kesimpulan bahwa WOM tentang suatu produk ini dapat
efektif mempengaruhi perilaku dan minat beli seseorang terhadap produk
tersebut. Bahkan WOM merupakan salah satu promosi yang dominan dibandingkan
dengan iklan karena konsumen cenderung mengambil keputusan dalam
pembelian produk setelah melihat iklan, dan menanyakan lebih lanjut kepada
seseorang.
Konsumen
cenderung mencari informasi kepada seseorang yang memiliki rekomendasi mengenai
produk tersebut. Ini merupakan suatu fakta bahwa memelihara existing costumer
itu jauh lebih murah dibandingkan kita mengakuisisi pelanggan baru. Dengan
memelihara hubungan baik dengan existing client maka “word of mouth” yang
mereka lakukan sangat efektif untuk medapatkan client baru. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dari mulut
ke mulut di sebuah Resort, dan bagaimana index kepuasan pelanggannya dan yang
terakhir apakah ada hubungannya antara promosi dari mulut ke mulut dan kepuasan
pelanggan resort atau hotel?
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa promosi dari mulut ke mulut merupakan suatu cara
promosi personal yang paling ampuh untuk mempengaruhi konsumen dalam memasarkan
suatu barang atau jasa. Mengapa demikian? Karena dalam promosi ini terdapat
rekomendasi dari kerabat dekat yang dijadikan sebagai sumber informasi yang
dapat dipercaya ditengah banjirnya iklan dikalangan konsumen.
Mengutip
dari apa yang pernah disampaikan oleh Bernhard Sumbayak – Founder dari Vibiz
Consulting Group, WOM adalah promosi yang sangat ampuh karena di dalamnya
mengandung “third party endorsement” atau pengakuan yang murni dari pihak
ketiga, yang dianggap sebagai suatu informasi yang benar dan tanpa embel-embel
pesan sponsor karena disampaikan oleh kerabat yang tidak berorientasi pada uang
atau insentive tertentu.
Tentu saja program promosi ini harus juga ditunjang oleh pelayanan yang memuaskan dari petugas pelayanan dalam kegiatan bisnis apapun itu. Kalau tidak maka promosi ini tidak terlalu berdampak membawa pelanggan. Semoga dengan sistem pemasaran yang satu ini, pemasaran air minum fitaqua RO saya semakin meningkat, dan impian saya terwujud. Amin. Salam sehat fitaqua.
Tentu saja program promosi ini harus juga ditunjang oleh pelayanan yang memuaskan dari petugas pelayanan dalam kegiatan bisnis apapun itu. Kalau tidak maka promosi ini tidak terlalu berdampak membawa pelanggan. Semoga dengan sistem pemasaran yang satu ini, pemasaran air minum fitaqua RO saya semakin meningkat, dan impian saya terwujud. Amin. Salam sehat fitaqua.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar